Menu Close

5 Hal Yang Perlu Dilakukan Sebelum Memulai Bisnis

Hal yang harus dilakukan sebelum berbisnis

Tetapkan apa yang direncanakan untuk dilakukan, berkaitan yang akan Anda jual, dan bagaimana hal tersebut berbeda dari produk lain yang dijual di pasaran. Kecuali kamu memang orang yang ahli di bidang akuntansi, ada baiknya untuk merekrut karyawan yang bisa mengurus pembukuan bisnismu. Cara keuangan yang baik ialah kunci keberhasilan bisnis apapun. Jangan sampai ada kekeliruan penghitungan pemasukan, pengeluaran, revenue, sampai biaya operasional. Untuk memulai bisnismu agar dapat segera berjalan dengan gedrungen, tentu kamu perlu untuk merekrut karyawan, kecuali andai kamu berencana membuka marketing online secara solo.

Namun, sebelum ide tersebut diaplikasikan pada sebuah usaha, lakukan riset kecil-kecilan mengenai seberapa lebih besar bisnis tersebut akan berjaya. Setelah Anda menentukan concentrate on pelanggan Anda, Anda perlu mengujinya. Jika Anda sanggup membuat orang lain rela membayar produk Anda, jadi Anda punya ide marketing yang valid. Anda disyaratkan dapat mengartikulasikan ide marketing Anda dalam bahasa yang sederhana.

Kecuali kamu menawarkan produk yang sangat laris, akan susah buat menarik konsumen untuk membeli apabila mereka kesulitan untuk mengakses lokasi toko / rumah makanmu. Karena itulah, kebanyakan gerai McDonald’s yang terdapat di Indonesia dibangun dalam pertigaan agar bisa terlihat dari berbagai jalur jalan.

Tahap berikutnya untuk memulai bisnismu merupakan dengan membuat perencanaan marketing yang komprehensif. Untuk semakin memantapkan proses pemilihan gagasan bisnis, kamu juga disyaratkan melakukan riset pasar yg efektif sehingga bisa memberikan gambaran akurat terkait selera dan tren pasar. Andai kamu telah melakukan riset dan yakin dengan pilihan ide bisnismu, barulah anda bisa melanjutkan persiapan ke tahap berikutnya. Misalnya, kamu hendak membuat restoran berkapasitas 100 orang. Namun, karena kekurangan modal dan sumber daya orang, akhirnya restoran tidak bisa terlayani dengan baik dan terhambat kemajuannya.

Manajemen ini mudah dilakukan, yaitu dengan cara memisahkan keuangan bisnis lalu keuangan pribadi. Menggunakan segenap keuntungan untuk modal cara yang bisa menghasilkan dollar lagi dan tentunya masih banyak cara lainnya untuk mengatur keuangan bisnis.

Papan logonya pun diterapkan tinggi dan menyala terang sehingga konsumen mudah untuk menelusurinya. Pada dasarnya, haluan modal untuk mendanai bisnismu bisa berasal dari tiga sumber. Modal ini anda dapatkan dari anggaran yg memang sudah kamu sediain untuk membiayai usaha semenjak awal sehingga bisnismu menghasilkan berjalan. Hampir semua bisnis harus diawali dengan aliran modal yang kuat untuk meluncurkan bisnis ke toko-toko. Selain itu, untuk masa-masa awal, bisnismu mungkin bukan akan langsung memberikan revenue karena masih banyak pernanaman modal yang perlu dilakukan.

Pada umumnya bisnis membutuhkan karyawan yg berdedikasi tinggi di tahap awal. Baik itu pengembang aplikasi, pelayan, kasir toko, atau asisten, pemilihan karyawan akan sangat mempengaruhi keberhasilan bisnismu. Pilih lokasi marketing yang mudah dilihat dri orang yang berlalu-lalang. Seandainya perlu, pasang petunjuk sarana atau papan nama yg bisa di-spot dengan mulus dari jauh.

Menyiapkan tempat bisnis sangat berarti untuk mengoperasikan usaha yg dijalankan. Apakah Anda memiliki kantor pusat, ruang kantor bersama atau pribadi, atau lokasi ritel. Pilihlah posisi usaha yang sesuai melalui bisnis yang dijalankan. Pikirkan juga apakah perlu untuk membeli atau menyewa area usaha.

Jika ingin memilih dukungan pendanaan dari buyer atau lembaga keuangan, plan bisnis tersebut menjadi suatu keharusan. Karena dari situlah mereka dapat memvalidasi gagasan Anda sekaligus melihat prospek usaha yang Anda jalankan. Kemungkinan besar seorang yg akan memulai usaha sudah mengidentifikasi bisnis apa yg akan dijalankan.